Hot Widget

recent/hot-posts

MENEROPONG CALON Pj. KEPALA DESA MAYANGAN

M Miftahus Saidin

         www.bherenk.com Jombang Mayangan adalah salah satu desa yang berada di wilayah administratif Kec. Jogoroto kabupaten Jombang. Desa agraris yang kental akan nilai agamisnya. Tepat pada tanggal 18 Nopember 2020, Bapak Juri selaku Kepala Desa Mayangan meninggal karena penyakit yang dideritanya.

            Semoga pengabdian dan pengorbanan beliau selama memimpin desa Mayangan dicatat sebagai amal baik serta semua kesalahan dan kekhilafannya diampuni Allah SWT. Amin.

         Di mata warga Mayangan pak lurah Juri dikenal sangat akrab dan dekat dengan warga, beliau selalu ada waktu buat warganya. Masyarakat merasa sangat kehilangan dengan kepergian beliau. 

        Satu bulan ini, Mayangan kosong tanpa ada kepala desa definitif. Kasak kusuk warga terus bergulir, menunggu ketidakpastian siapa dan kapan Pj kepala desa Mayangan akan terisi, mereka berharap mengetahui background atau profile dan track record siapa  Pj kepala desa Mayangan yang akan ditugaskan Bupati Jombang. Warga berharap Pj. kepala desa nantinya bisa bersama warga Mayangan untuk melanjutkan program-program pembangunan yang sudah direncanakn kepala desa sebelumnya. 


         Kekosongan Kepala Desa ini tidak boleh dibiarkan berlarut larut, karena ini akan menguras energi warga Mayangan. Dalam dialog-dialog kecil antar warga, sedikit banyak akan muncul bahasan siapa kira-kira sosok Pj. Kepala Desa Mayangan yang akan menggantikan tongkat estafet kepemimpinan pak Juri. 

         

         Masyarakat juga bertanya-tanya bagaimana mekanisme penunjukan Pj. juga terkait siapa yang akan ditugaskan untuk menjadi Pj Kepala desa meskipun hal tersebut menjadi  prerogratif Bupati. 

       Salah satu tugas Pj Kepala Desa adalah menyiapkan tahapan pelaksanaan pemilhan Kepala Desa Antar Waktu ( KDAW). dalam  Peraturan Bupati Jombang No. 25 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Kepala Desa. di BAB VI Tentang PEMILIHAN KDAW MELALUI MUSYAWARAH WARGA sudah diatur sangat jelas bagaimana terkait prosedur dan mekanismenya.

        Semoga Pj kepala desa Mayangan segera ditunjuk kemudian ditugaskan oleh Ibu Bupati Jombang. Namun sebelum hal itu dilakukan warga Mayangan diberi kesempatan  untuk bermusyawarah melalui musyawarah desa (MUSDES) untuk mengetahui aspirasi warga Mayangan terkait kreteria sosok Pj kepala desa, barangkali ada usulan nama Pj dari warga Mayangan,  kemudian BPD akan mengusulkan nama-nama yang sudah terjaring dalam Musdes kepada Bupati.

         Semua warga berharap Mayangan tetap kondusif, guyub, aman dan damai. terkait siapa saja Pj yang ditugaskan semua akan diserahkan kepada Ibu bupati. semoga Ibu Bupati  tetap amanah dan adil dalam membuat keputusan, amin


Oleh : M. Mifathus Saidin

Al-Birky Foundation, Peduli Desa

Reactions

0 Comments:

Posting Komentar